Ku Temukanmu Diantara Ketakutanku

ESSAY PENGALAMAN ASISTENSI MENGAJAR

Siti Map’ullah (200341617235)

Hai semuanya... Perkenalkan namaku Siti Map'ullah biasa dipanggil Lala dan asal dari Jombang, Jawa Timur. Kenapa aku milih AM di Pasuruan? Sebenarnya agak membingungkan, dimana asalku dari Jombang dan ada program AM dari UM di salah satu SMA Negeri  disana, sedangkan aku lebih memilih AM di Pasuruan. Alasannya hanya karena Pasuruan lebih dekat dengan Malang dari pada Jombang, tapi lucu AM kan juga ada di Malang berhubung aku tidak tau beberapa daerah disana akhirnya asal pilih daripada tidak dapat sekolah dan pilihan terakhirku jatuh pada SMAN 1 Purwosari Pasuruan. Jujur aku tidak pernah menyesali keputusanku memilih AM di Pasuruan karena banyak sekali pembelajaran yang kudapatkan disana mulai dari proses KBM, pembiasaan, bahasa, budaya, dan lain sebagainya. Namun ketika ditanya lagi kenapa pilih disana padahal di Jombang ada, itu yang bikin sedikit bingung.. Hehehe

Oke kita buat essay ini menjadi resmi

Asistensi mengajar di satuan pendidikan merupakan aktivitas pembelajaran yang dilakukan mahasiswa dengan cara kolaborasi bersama guru yang dalam hal ini di SMAN 1 Purwosari. Program ini menjadi jembatan pengalaman mahasiswa sebelum terjun langsung didunia pendidik. Kegiatan asistensi mengajar dilakukan pada gelombang 1 bulan Agustus hingga Desember tahun 2023 dengan berbagai program kerja baik akademik maupun nonkademik. Sebelum kegiatan asistensi mengajar dimulai mahasiswa harus memastikan apakah sekolah yang dituju telah menjadi mitra Universitas Negeri Malang. SMAN 1 Purwosari merupakah mitra sekolah yang berada di kabupaten Pasuruan. Sekolah tersebut menjadi tempat mengabdi penulis dalam menjalankan praktik lapangan belajar mengajar. Pada pelaksanaam program diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas belajar mahasiswa melalui. Oleh karena itu, implementasi dari program Asistensi Mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa khususnya dari program studi pendidikan biologi menjadi satu langkah agar dapat belajar secara lebih lengkap dan terpadu. Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar secara langsung di sekolah penempatan yang dalam hal ini adalah SMAN 1 Purwosari, tantangan yang dapat menguji mental diluar kampus serta kesempatan untuk mengembangkan kreativitas, kapasitas, dan kepribadian mahasiswa.

SMA Negeri 1 Purwosari

Asistensi mengajar di SMAN 1 Purwosari terdiri atas 20 mahasiswa antara lain: 6 dari S1 pendidikan jasmani dan keolahragaan, 3 dari S1 pendidikan matematika, 2 dari S1 pendidikan fisika, 3 dari S1 pendidikan kimia, dan 6 dari S1 pendidikan biologi. Saya dan tim memulai melaksanakan program asistensi mengajar disekolah pada tanggal 14 Agustus 2023. Sebelum tanggal tersebut saya sudah melakukan observasi 8 Agustus dan dilakukan pembagian guru pamong untuk kemudian pelepasan mahasiswa dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus. Pada saat pelepasan mahasiswa asistensi mengajar perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dihadiri oleh Bapak Prof. Dr. H. Abdul Gofur, M.Si selaku DPL prodi pendikan biologi, kepala sekolah Ibu Dra. Fety Susilawatie, M. Pd., wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, serta guru pamong. Setelah proses pelepasan mahasiswa selesai, saya dan tim berkumpul bersama guru pamong untuk berdiskusi terkait pembuatan prangkat pembelajaran, pembagian kelas, dan luaran akhir pelaksaan asistensi mengajar.

Saya kebagian mengajar dikelas X5, X7, X9, dan X12, kemudian disetiap kelas terdiri atas 36 siswa. Pada pekan pertama saya mendampingi guru pamong dengan tujuan mengetahui cara mengajar beliau dan mempermudah saya beradaptasi dengan lingkungan kelas. Selain itu, saya mulai membuat prota, promes, modul ajar, serta media pembelajaran. Kegiatan non akademik yang saya lakukakan antara lain pendampingan tim KIR untuk membuat proposal study tour ke Kebun Raya Purwodadi, pendampingan bimbingan OSN, berkolaborasi  dengan MPK/OSIS SMAN 1 Purwosari  yaitu  PANDORA dimana saya membantu mencatat tenggat waktu dan pelanggaran yang dikerjakan peserta lomba, serta Program Gelar Karya P5 serta peringatan Bulan Bahasa yang merupakan rangkaian dari pembelajaran P5. Siswa kelas X memamerkan hasil produk daur ulang dengan tema Projek Bumiku Hijau. Selain kegiatan akademik  dan  non-akademik,  saya  juga  turut membantu  dalam  bidang  administrasi  sekolah di  beberapa  tempat  sesuai  dengan  jadwal  yang  sudah disusun. Adapun tempatnya yaitu piket Tatib dan ruang guru, BK, Perpustakaan, dan TU. Adaptasi teknologi saya lakukan dalam pembuatan moduk maupun media pembelajaran, siswa juga melakukan adaptasi teknologinya salah satunya dalam pembuatan plantcard berbasis barcode QR.

Selama 4 bulan melaksanakan kegiatan asistensi mengajar banyak hal yang saya dapatkan mulai dari percepatan adaptasi dengan lingkungan sekolah terutama didalam kelas, pembuatan prota dan promes, membuat perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, menjalin bekerjasama dengan anggota kelompok, guru pamong, serta sivitas akademika SMAN 1 Purwosari. Kemudian saya dapat terjun langsung serta merasakan dunia kerja khususnya menjadi tenaga kependidikan. Saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak baik kampus Universitas Negeri Malang yang sudah mengadakan kegiatan Asistensi Mengajar bagi penulis dan sekolah SMAN 1 Purwosari  yang sudah mendampingi, membimbing, membina serta memberikan pengalaman yang sangat berkesan, sehingga saya dapat menjadikannya sebagai suatu Pelajaran agar dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi nantinya serta mengamalkan hal baik yang sudah saya peroleh. Semoga dengan kegiatan asistensi mengajar ini dapat bermanfaat untuk sekolah SMAN 1 Purwosari dan mahasiswa khususnya serta Masyarakat pada umumnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Morfologi dan Anatomi Organ Vegetatif Tanaman Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) Beserta Manfaat Bagi Kesehatan